Entri Populer

Jumat, 08 Oktober 2010

SEJARAH KELOMPOK PETERNAK DOMBA GARUT "DANGIANG MAKALANGAN"

Kelompok peternak Domba Garut "Dangiang Makalangan" pertama kali dibentuk pada awal tahun 2008, bertempat di Kelurahan Cikasarung Kec./Kab. Majalengka Provinsi Jawa Barat. pembentukan kelompok peternak tersebut didasari oleh potensi yang ada pada daerah setempat terhadap minat masyarakat akan budidaya ternak domba Garut. sejak dulu masyarakat Kelurahan Cikasarung sudah banyak yang memelihara ternak domba, namun secara genetik domba yang mereka pelihara masih kurang baik (domba lokal). Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, Peternak mengetahui keunggulan dari Domba Garut, Baik dari ferpormance, ADG (average daily Gain/ pertambahan bobot badan harian), produktivitas serta terutama domba garut memiliki keunggulan sebagai Fancy Animal (Hewan Kesayangan), dimana harga jual domba tersebut tidak diukur melalui nilai karkasnya melaikan banyak kriteria khusus sehingga domba Garut tersebut masuk ke dalam kategori Fancy Animal atau sering disebut dengan istilah Domba Kalangenan (Domba Adu dan Domba Kontes). mulai saat itu masyarakat peternak domba beralih sedikit demi sedikit untuk memelihara bahkan membudidayakan Domba Garut.

Berdasarkan potensi di atas pula muncul ide seorang sarjana peternakan yang berdomisili di daerah tersebut untuk mengumpulkan para peternak domba bergabung dalam suatu wadah "Kelompok Peternak domba". Nama kelompok peternak tersebut adalah "Dangiang Makalangan", adapun nama kelompok peternak tersebut diambil dari bahasa Sunda yang berarti Kelompok Peternak Domba Garut yang akan dikenal di setiap medan pertempuran (tempat adu ketangkasan dan kontes domba Garut).

Potensi dari domba Garut pun diakui dunia sebagai spesies domba terbaik. Perhatian pemerintah terhadap dunia peternakan di Indonesia sudah baik, terbukti dengan banyaknya program-program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas peternakan. tanpa terkecuali untuk peningkatan produktivitas ternak lokal, khususnya domba Garut.

Melalui program Sarjana Membangun Desa (SMD), pemerintah berharap pencapaian percepatan swasembada daging di Indonesia segera tercapai. melalui program ini pula kami (Kelompok Peternak "Dangiang Makalangan") mendapatkan bantuan modal usaha untuk pengembangan usaha pada komoditi ternak domba dan kambing.

Saat ini usaha budidaya ternak domba kami sudah mengalami perluasan wilayah, tidak hanya di Kelurahan Cikasarung, namun sudah mencapai wilayah Desa Jati Mulya kecamatan Kasokandel, desa Paniis kecamatan Maja dan Desa Kadu Kabupaten Sumedang.

Itulah sekilas tentang sejarah pembentukan kelompok kami, semoga anda yang membaca artikel ini dan berkompeten pada bidang yang sama, tertarik dan melakukan hal yang sama dalam pengembangan produktivitas Domba Garut.
Wassalam,
Majalengka, 09 Oktober 2010
Penulis

Rachmat Somanjaya, S.Pt.

Tidak ada komentar: